Kata negeri dan negara sekilas terlihat sama. Terkadang, dua kata itu juga saling bertukar dalam berbagai penggunaan berbahasa. Namun, sejatinya mereka berbeda. Senasib dengan saya dan Elkan Baggott, serupa nan saling bertukar sangka.

Elkan Baggott, Detik Sport
Foto: Elkan Baggott, Detik Sport

Negeri memiliki arti tanah tempat tinggal suatu bangsa, kampung halaman, serta wilayah di bawah kekuasaan seorang penghulu (Minangkabau). Kata negeri berkaitan dengan Ilmu Bumi, serta galib (lazim) digunakan dalam ragam bahasa klasik.

Beberapa bentuk penggunaan kata negeri semisal pada negeri beruang merah (Rusia), negeri Sakura (Jepang), negeri Melayu (negeri tempat suku bangsa di Sumatra dan Semenanjung Malaysia), negeri jiran (negara tetangga), negeri atas angin (negeri-negeri yang dipandang sebagai asal angin seperti India, Iran, dan Arab), serta negeri bawah angin (kepulauan Indonesia).

Kata negara berarti persekutuan bangsa dalam suatu daerah dengan batas-batas wilayah dan diurus oleh badan pemerintah yang teratur. Kata negara memiliki padanan state dan staat dalam bahasa Inggris dan Belanda. Negara digunakan dalam ilmu perpolitikan, pemerintahan dan tata praja.

Jika merujuk pada pemahaman tersebut, maka bisakah Anda berpendapat tentang singkatan SDN (sekolah dasar negeri atau sekolah dasar negera), PTN (perguruan tinggi negara atau perguruan tinggi negeri), PNS (pegawai negeri sipil atau pegawai negara sipil). Bingung dan mendadak kacau ingatan? Begitulah jika Anda melihat saya dan Elkan.

 

28 Desember 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *