ABK tidak butuh dikasihani, mereka lebih perlu untuk diberikan kesempatan.

Buku terkait dunia pendidikan merupakan salah satu menu wajib jika sedang belanja buku. Terlebih jika berisi tentang cerita-cerita inspiratif dari pelaku di dunia ini. Apalagi, buku-buku dengan tema inspiratif cenderung melimpah dan punya harga miring ketika ada bazar buku (ini bagian yang paling saya suka).

Buku Indonesia Menginspirasi terbitan Bentang berisi tentang yang sudah dan yang belum dari Pak Ciptono Jayin, seorang PNS di SLB Negeri Semarang. Beliau punya pemikiran, Tuhan tidak pernah gagal menciptakan, mereka ada untuk memberi inspirasi.

Setebal 160 halaman, menceritakan tentang rekam jejak dari Pak Guru Cip. Mulai dari kehidupan masa kecil di Desa Susukan, bagaimana kehidupan di sekolah, dunia percintaan, liku rumah tangga, sampai pada tantangan di dunia pendidikan anak berkebutuhan khusus.

Pak Guru Cip hobi memecahkan rekor MURI dengan memfasilitasi murid-murid ABK. Tercatat tiga rekor seperti membuat kerajinan dengan kaki, menggambar berbeda dengan tangan kanan-kiri secara bersamaan, dan hafal 200 lagu bagi Bambang, seorang tunagrahita idiot savan. Dibalik pencapaian luar biasa, banyak juga yang nyinyir. Isu eksploitasi sampai menumpang ketenaran. Namun, Pak Guru Cip jalan terus hingga 25 tahun kariernya.

Jika ada hal yang kurang menarik simpati bagi saya dari buku ini adalah glorifikasi tokoh. Benar adanya jika Pak Cip dianugerahi gelar Heroes of the year dari acara Kick Andy pada 2010. Namun, beberapa hal ditampilkan dengan gaya berlebihan. Baca saja, maka kau akan menemukan titik-titik yang berlebihan itu.

Gambar Sampul Indonesia Menginspirasi

Buku Indonesia Menginspirasi ditutup dengan satu bab khusus. Mimpi dari Pak Guru Cip untuk menjadikan Semarang sebagai pusat inspirasi. Berisi 33 Rumah Inspirasi, Pak Cip punya niatan untuk mengundang siapa saja hadir dan beroleh wawasan dan ilham.
Bahwa…

ABK tidak butuh dikasihani, mereka lebih perlu untuk diberikan kesempatan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *